AgriPest

Search
Blog dan Artikel

Home / Blog & Artikel / Kenali 3 Jenis Rayap di Indonesia

Kenali-3-Jenis-Rayap-di-Indonesia1
Kenali 3 Jenis Rayap di Indonesia

Terdapat 3 Jenis Rayap di Indonesia, ketiga memiliki tempat berkoloni yang berbeda-beda ada yang terdapat pada sabana, hutan, bahkan pemukiman. Rayap mendirikan koloni selain untuk berkembang biak juga sebagai tempat bertahan hidup. 

Rayap adalah hama yang membutuhkan kelembaban untuk dapat bertahan hidup. Kondisi iklim tropis Indonesia menjadi penyebab populasi rayap tumbuh secara merata di setiap daerah di Indonesia.

Baca Juga : Pengendalian Hama Untuk Gudang

Berdasarkan tempat hidupnya, rayap dapat bedamenjadi 3 jenis. Berikut pembahasannya:

1. Rayap kayu basah (dampwood termites)

Rayap kayu basah bersarang pada kayu lembab atau lapuk, sekaligus sebagai sumber kelembaban sehingga koloni tidak perlu berhubungan secara langsung dengan tanah. Ukuran sarang sangat kecil, hanya berupa liang-liang kembara pada kayu yang menjadi sumber makanannya. Rayap ini bersarang pada kayu-kayu yang lembab seperti pepohonan, atau kayu-kayu lembab lainnya

2. Rayap kayu kering (dry wood termites)

Rayap kayu kering bersarang pada kayu-kayu kering dengan kadar air dan kelembaban yang rendah. Tidak membangun sarang atau rumahnya secara baik, tidak ada bagian-bagain atau ruang-ruang khusus yang dibangun, rumahnya hanya berupa liang-liang kembara atau sisiran-sisiran pada kayu. Sarang rayap kayu kering juga merupakan sumber makanan bagi koloni rayapnya. Rayap kayu kering ini biasanya terdapat pada barang-barang properti yang terdapat di rumah kita.

3. Rayap tanah (subterranean termites).

Rayap tanah harus berada di dekat sumber kelembaban untuk bertahan hidup. Mereka akan membangun sarang di dekat tanah di mana mereka dapat dengan mudah memperoleh kelembaban dari tanah. Mereka membuat terowongan melalui tanah untuk mengakses tanah atau kayu yang lembab. Pada musim kemarau terowongan mereka akan menjadi lebih dalam ke tanah untuk mencapai kelembaban. Rayap ini biasanya membangun sarangnya di tempat yang memiliki kelembaban tanah yang cukup, seperti hutan, padang sabana, atau daerah pertanian.

Semoga dari penjelasan diatas, bisa menambah wawasan kita terkait hama rayap. Dan bila ada kendala terkait permasalahn rayap bisa hubungi kami segera.

Lindungi properti Anda dan Keluarga dari bahaya yang ditimbulkan rayap. Hubungi AgriPest sekarang juga dan dapatkan layanan inspeksi dan konsultasi secara gratis.!!

Hubungi kami di: 021-874 0691 (Office) atau 0813 8278 7972 (WA).

Penulis: Admin
Mengutip dari beberapa sumber

Penulis : agripest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *