AgriPest

Search
Blog dan Artikel

Home / Blog & Artikel / Tips Ampuh Mengusir Tikus dari Rumah

Tips Ampuh Mengusir Tikus dari Rumah
Tips Ampuh Mengusir Tikus dari Rumah

Tips Ampuh Mengusir Tikus dari Rumah – Hai, teman-teman! Tikus, mereka suka mengintai di tempat-tempat gelap dan bisa bikin kekacauan di rumah. Aku jadi ingat betapa repotnya dulu mengatasi kehadiran tikus ini. Nah, kali ini aku mau bagikan beberapa trik simpel yang bisa kamu coba di rumah untuk menyingkirkan tikus dengan cara yang nggak merugikan, baik buat kamu maupun buat mereka.

Sebelum mulai, ada baiknya kamu tahu bahwa kehadiran tikus bukan cuma masalah kebersihan, tapi juga bisa jadi risiko kesehatan bagi keluarga. Jadi, nggak ada salahnya untuk mengetahui trik-trik ampuh untuk mengusir mereka sebelum masalahnya bertambah parah, kan? Siap-siap yuk, kita atasi masalah tikus ini bersama!

1. Menggunakan Bau yang Tidak Disukai Tikus

Baunya tikus, ya ampun, mereka nggak suka banget sama beberapa aroma, nih. Nah, salah satu cara ampuh yang bisa kamu terapkan adalah menggunakan aroma-aroma itu untuk mengusir mereka dari rumahmu. Misalnya, mereka nggak suka aroma pepermint, lavender, atau bahkan cabai.

Jadi, pertama-tama, manfaatkan minyak esensial dari tanaman-tanaman ini. Teteskan beberapa tetes minyak esensial ke bola kapas atau kain lap, lalu letakkan di sekitar tempat-tempat yang sering dihuni oleh tikus. Bau-bau ini bakal bikin tikus-tikus itu merasa terganggu dan mungkin bakal menjauh dari area yang kamu beri aroma yang mereka ogah banget.

Terus, selain minyak esensial, kamu juga bisa pakai bahan-bahan lain seperti irisan bawang putih, cengkeh, atau serutan kulit jeruk yang juga punya bau yang bikin tikus bete. Letakkan di tempat-tempat yang sering dijalanin sama tikus, misalnya sudut-sudut gelap atau dekat saluran air. Dengan trik sederhana kayak gini, tikus-tikus itu bakal males buat berkeliaran di rumahmu!

2. Pemanfaatan Bahan Alami sebagai Penghalau Tikus

Bahan-bahan alami seringkali bisa menjadi senjata ampuh untuk mengusir tikus dari rumah, lho! Salah satunya adalah bubuk cabai merah. Bau dari bahan-bahan alami ini akan mengganggu penciuman tikus, membuat mereka merasa tidak nyaman dan memilih untuk menjauh.

Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami ini, kamu bisa mengusir tikus dari rumahmu tanpa menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Selain ramah lingkungan, cara ini juga aman untuk digunakan di rumah.

3. Menggunakan Perangkap Ramah Lingkungan

Jika kamu tidak ingin menggunakan bahan-bahan alami atau ingin alternatif lain, perangkap ramah lingkungan bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tikus di rumahmu. Ada banyak perangkap yang dapat kamu buat sendiri dengan bahan-bahan yang ada di sekitarmu.

Misalnya, kamu bisa membuat perangkap menggunakan botol plastik bekas. Potong botol di bagian tengahnya, balikkan bagian atas ke dalam botol, dan tambahkan sedikit umpan seperti keju atau kacang-kacangan di dalamnya. Tikus akan masuk untuk mencari makanan tapi kesulitan keluar karena bentuk botol yang berubah.

Selain itu, ada juga perangkap hidup yang bisa kamu buat dengan kawat atau anyaman yang kemudian ditempatkan di dekat area yang sering dihuni oleh tikus. Pastikan perangkap yang kamu buat aman dan tidak melukai tikus, jadi pastikan untuk memeriksa perangkap secara teratur.

Ada banyak variasi perangkap ramah lingkungan yang bisa kamu buat sendiri dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah. Dengan menggunakan perangkap ini, kamu bisa menangkap tikus dengan cara yang humanis dan tidak membahayakan hewan tersebut.

4. Memahami Cara Tikus Berperilaku di Rumah

Untuk lebih efektif mengusir tikus dari rumah, penting untuk memahami perilaku dan kebiasaan mereka. Tikus adalah hewan yang cerdas dan adaptif, serta biasanya bergerak di malam hari, jadi seringkali mereka sulit terlihat.

Tikus suka mencari tempat yang gelap dan tersembunyi untuk mencari makanan serta bersarang. Mereka dapat masuk ke rumah melalui celah kecil atau retakan di dinding, lantai, atau bahkan melalui saluran udara. Oleh karena itu, penting untuk menutup rapat semua celah atau lubang yang mungkin menjadi pintu masuk bagi tikus ke dalam rumahmu.

Selain itu, tikus juga menyukai kelembapan. Mereka dapat mencari air di bawah wastafel atau kamar mandi. Pastikan untuk memperbaiki segala kebocoran air dan menjaga kebersihan serta kekeringan di area-area yang rentan menjadi tempat mereka mencari air.

Memahami perilaku tikus dapat membantumu dalam merencanakan strategi yang lebih efektif untuk mengusir mereka dari rumah. Dengan mengubah kondisi di rumahmu, kamu bisa membuatnya menjadi lingkungan yang tidak ramah bagi tikus.

5. Penggunaan Tanaman Pengusir Tikus

Tanaman pepermint, lavender, atau tanaman herbal lainnya juga bisa membantu mengusir tikus. Kamu bisa menanamnya di halaman atau dalam pot, dan kamu bisa meletakkannya di dekat pintu atau jendela yang sering dijadikan pintu masuk tikus

Selain pepermint, tanaman lain seperti lavender, rosemary, atau tanaman herbal lainnya juga dapat membantu mengusir tikus. Kamu bisa menanamnya di halaman atau dalam pot dan meletakkannya di dekat pintu atau jendela yang sering dijadikan pintu masuk tikus.

Selain itu, tanaman yang memiliki aroma yang kuat seperti daun senna, daun biji kemangi, atau tanaman hias tertentu juga bisa kamu manfaatkan. Tikus tidak suka dengan aroma dari tanaman-tanaman tersebut sehingga mereka akan enggan mendekat.

Dengan menggunakan tanaman sebagai pengusir tikus, selain memberikan aroma yang segar di sekitar rumah, kamu juga mengusir tikus secara alami tanpa harus menggunakan bahan kimia berbahaya.

Baca Juga : Cara Membasmi Tikus Rumah

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa Tips Ampuh Mengusir Tikus dari Rumah. Tikus memang bisa jadi masalah di rumah, tapi dengan trik-trik sederhana ini, kamu bisa mengatasi masalah tersebut tanpa perlu khawatir menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya. Ingatlah untuk tetap menjaga kebersihan rumah dan menutup semua celah yang mungkin menjadi akses masuk bagi tikus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *