AgriPest

Search
Blog dan Artikel

Home / Blog & Artikel / Musim Hujan, Waspada Rawan Ular Masuk Rumah

Musim Hujan, Waspada Rawan Ular Masuk Rumah
Musim Hujan, Waspada Rawan Ular Masuk Rumah

Ada banyak hal yang perlu diwaspadai ketika musim hujan. Bukan hanya banjir dan penyakit leptospirosis yang mengancam, kemungkinan ular masuk ke rumah juga perlu di waspadai. meskipun rumah kita berada jauh dari hutan. Hujan yang terus-menerus turun membuat suhu di luar menjadi dingin. Hal itu dapat memicu ular mencari tempat dengan suhu yang lebih hangat. Oleh karena itu, bukan hal aneh apabila banyak warga yang rumahnya kemasukan ular di musim hujan. Namun bukan berarti hal itu tidak dapat anda cegah.

Bahaya Ular Masuk Rumah Saat Musim Hujan

Ular termasuk ke dalam kategori hewan berbahaya, baik yang beracun atau tidak beracun. Beberapa jenis ular yang memiliki kandungan bisa (racun) sangat mematikan bagi siapa saja yang terkena gigitannya. Oleh karena itu, Anda harus waspada apabila ada ular yang masuk ke dalam rumah.

Kandungan bisa (racun) yang terdapat pada ular dapat mengakibatkan pendarahan, rasa sakit, hingga kematian bagi korbannya. Hal ini tentu akan sangat berbahaya apabila anda dan keluarga secara tidak sengaja tergigit oleh ular berbisa, karena tentu akan berdampak fatal. Hanya dalam waktu yang singkat racun tersebut dapat menyebar keseluruh tubuh.

Apabila tidak segera dikeluarkan dari rumah, ular bisa menemukan tempat yang nyaman di rumah untuk bersarang dan berkembang biak. Hal ini tentu sangat berbahaya dan membuat Anda semakin sulit untuk mengeluarkan ular dari rumah.

Tips Mencegah Ular Masuk Rumah

Ada banyak sekali aspek yang membuat ular menjadi tertarik untuk masuk ke rumah. Untuk mencegah supaya tidak ada ular yang masuk ke dalam rumah, Anda bisa mengikuti tips berikut ini.

  • Karena ular memiliki tubuh yang ramping dan elastis, tutup rapat setiap celah atau lubang yang dapat di lalui oleh ular. Seperti saluran air, celah pada dinding ataupun lubang ventilasi.
  • Basmi keberadaan tikus di rumah, karena tikus merupakan makanan ular.
  • Bersihkan sampah di rumah secara berkala, karena ular dan hama lain menyukai tempat yang kotor.
  • Biasakan untuk selalu merapikan halaman rumah secara berkala, seperti memotong rumput dan membuang gundukan puing-puing. Supaya tidak ada celah bagi ular untuk bersembunyi dan berkembang biak.

Cara Mengusir Ular Dari Rumah

Tidak perlu panik jika ada ular yang masuk ke dalam rumah. Ular bukanlah hewan yang agresif dan tidak akan menyerang apabila tidak merasa terganggu. Ikuti tips berikut ini untuk mengusir ular dari rumah.

  • Hindari untuk menakut-nakuti ular. Ular yang merasa terganggu dan terancam akan menyerang anda atau bersembunyi di tempat yang sulit di jangkau.
  • Hilangkan sumber makanannya, ular sangat menyukai mangsa seperti tikus, katak, ayam dan burung liar.
  • Gunakan kapur barus, haluskan dan taburkan kapur barus di tempat rawan yang bisa dimasuki ular. Ular tidak menyukai bau khas yang menyengat, dengan begitu ular akan pergi dengan sendirinya.
  • Anda bisa menggunakan sapu atau tongkat yang panjang untuk mengusir ular yang masuk ke dalam rumah.
  • Posisikan tubuh Anda membelakangi ular dan jangan pernah berhadapan secara langsung dengan ular.

Apabila cara-cara diatas belum efektif dan keberadaan ular di rumah anda semakin mengancam, segera hubungi jasa profesional AGRIPEST untuk memperoleh penanganan hama yang tepat.

Penulis: Admin
Dikutip dari beberapa sumber

Penulis : agripest

2 Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *