AgriPest

Search
Blog dan Artikel

Home / Blog & Artikel / Cara Mencegah Tawon Berkembang di Rumah Kamu

Cara Mencegah Tawon Berkembang di Rumah
Cara Mencegah Tawon Berkembang di Rumah Kamu

Cara Mencegah Tawon Berkembang di Rumah – Pernahkah kamu duduk santai di teras rumah, menikmati secangkir teh hangat, dan tiba-tiba kedatangan tamu tak diundang? Ya, tawon! Si kecil bersayap hitam kuning ini memang seringkali menjadi pengganggu di rumah. Suara dengungannya yang keras dan sengatannya yang menyakitkan tentu bukan hal yang menyenangkan.

Tapi jangan khawatir! Aku di sini untuk membantumu. Aku akan membagikan beberapa tips jitu untuk mencegah tawon berkembang di rumahmu. Dengan mengikuti tips-tips ini, kamu bisa terhindar dari gangguan tawon dan menikmati waktu bersantai di rumah dengan tenang.

Yuk, simak tips-tips berikut!

 1. Bersihkan Sampah Makanan

Seperti pepatah lama, “Kebersihan adalah pangkal kesehatan”. Hal ini juga berlaku untuk mencegah tawon berkembang di rumah. Tawon sangat tertarik dengan bau makanan yang manis dan busuk. Oleh karena itu, membuang sampah makanan dengan benar adalah langkah pertama yang penting.

Berikut beberapa tips untuk membersihkan sampah makanan:

  1. Gunakan tempat sampah yang tertutup rapat. Bau sampah yang tercium dari tempat sampah terbuka akan menarik tawon datang.
  2. Buang sampah secara rutin. Jangan biarkan sampah menumpuk di rumah, karena akan menjadi sarang bagi tawon dan serangga lainnya.
  3. Bersihkan sisa makanan dan minuman. Segera bersihkan sisa makanan dan minuman yang tumpah di lantai atau meja. Tawon juga tertarik dengan bau makanan yang menempel di permukaan tersebut.

Dengan menjaga kebersihan rumah dan membuang sampah makanan dengan benar, kamu dapat mengurangi risiko tawon datang dan membuat sarang di rumahmu.

2. Tutup Rapat Makanan dan Minuman

Selain membersihkan sampah makanan, menutup rapat makanan dan minuman juga merupakan langkah penting untuk mencegah tawon. Tawon memiliki penciuman yang tajam dan mudah tertarik dengan bau makanan dan minuman yang manis.

Berikut beberapa tips untuk menutup rapat makanan dan minuman:

  • Gunakan wadah kedap udara. Simpan makanan dan minuman di dalam wadah kedap udara, seperti toples, kotak makan, atau botol minum.
  • Tutup rapat botol minuman. Pastikan tutup botol minuman terpasang dengan kencang dan tidak ada celah yang memungkinkan tawon masuk.
  • Gunakan plastik wrap atau aluminium foil. Jika kamu tidak memiliki wadah kedap udara, kamu dapat menggunakan plastik wrap atau aluminium foil untuk menutup makanan dan minuman.

Dengan menutup rapat makanan dan minuman, kamu dapat mencegah tawon mencicipinya dan membangun sarang di dekat sumber makanan tersebut.

Ingat: Tawon juga tertarik dengan bau yang manis dari parfum, lotion, dan sabun. Hindari menggunakan produk-produk tersebut dengan aroma yang terlalu menyengat saat berada di luar ruangan.

3. Jauhkan Makanan Hewan Peliharaan

Bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan, seperti anjing atau kucing, menyimpan makanan hewan peliharaan dengan benar adalah hal yang penting untuk mencegah tawon. Sama seperti manusia, tawon juga tertarik dengan bau makanan hewan peliharaan.

Berikut beberapa tips untuk menjauhkan makanan hewan peliharaan dari tawon:

  • Simpan makanan hewan peliharaan di wadah kedap udara. Gunakan wadah yang terbuat dari plastik atau logam yang kokoh dan tidak mudah diakses oleh tawon.
  • Letakkan wadah makanan hewan peliharaan di tempat yang jauh dari jendela dan pintu. Tawon dapat masuk ke dalam rumah melalui celah kecil di jendela dan pintu.
  • Bersihkan wadah makanan hewan peliharaan secara rutin. Sisa makanan hewan peliharaan yang tertinggal di wadah dapat menarik tawon datang.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat membantu menjaga makanan hewan peliharaan tetap aman dari tawon dan mencegah mereka membangun sarang di dekat rumahmu.

Ingat: Tawon juga dapat tertarik dengan bau kotoran hewan peliharaan. Pastikan untuk membersihkan kandang hewan peliharaan secara rutin dan buang kotorannya dengan benar.

4. Tutup Lubang dan Celah di Rumah

Tawon dapat masuk ke dalam rumah melalui lubang dan celah kecil. Oleh karena itu, menutup lubang dan celah di rumah adalah langkah penting untuk mencegah tawon berkembang biak.

Berikut beberapa tips untuk menutup lubang dan celah di rumah:

  • Periksa seluruh bagian rumah, baik di dalam maupun di luar. Carilah lubang dan celah yang memungkinkan tawon masuk, seperti di sekitar jendela, pintu, atap, dan dinding.
  • Tutup lubang dan celah dengan sealant atau kawat kasa. Gunakan sealant yang berkualitas baik dan tahan lama untuk menutup lubang dan celah.
  • Pastikan jendela dan pintu tertutup rapat. Periksa apakah ada celah di sekitar jendela dan pintu yang memungkinkan tawon masuk.

Dengan menutup lubang dan celah di rumah, kamu dapat mencegah tawon masuk dan membangun sarang di dalam rumahmu.

Tips tambahan:

Gunakan kasa nyamuk di jendela dan pintu. Kasa nyamuk dapat membantu mencegah tawon masuk ke dalam rumah.

Pasang perangkap tawon. Jika kamu sudah menemukan sarang tawon di rumahmu, kamu dapat menggunakan perangkap tawon untuk menangkapnya.

Panggil jasa pembasmi hama. Jika kamu tidak berani atau tidak bisa menangani tawon sendiri, kamu dapat memanggil jasa pembasmi hama.
Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat mencegah tawon berkembang di rumahmu dan menikmati waktu bersantai di rumah dengan tenang.

Ingat: Tawon juga dapat membangun sarang di tempat-tempat yang tersembunyi, seperti di loteng, gudang, atau di bawah pohon. Periksa tempat-tempat tersebut secara rutin untuk memastikan tidak ada sarang tawon.

5. Gunakan Perangkap Tawon

Jika kamu sudah menemukan sarang tawon di rumahmu, menggunakan perangkap tawon adalah salah satu cara untuk menangkapnya. Ada beberapa jenis perangkap tawon yang bisa kamu gunakan, yaitu:

1. Perangkap Botol Plastik

  1. Potong botol plastik menjadi dua bagian.
  2. Balikkan bagian atas botol dan masukkan ke dalam bagian bawah botol.
  3. Masukkan umpan ke dalam botol, seperti air gula, jus buah, atau daging mentah.
  4. Gantung perangkap di tempat yang sering didatangi tawon.

2. Perangkap Botol Kaca

  1. Masukkan air sabun ke dalam botol kaca.
  2. Lalu Gantung perangkap di tempat yang sering didatangi tawon.

3. Perangkap Lem

  1. Oleskan lem pada selembar kertas atau papan.
  2. Letakkan umpan di atas lem, seperti daging mentah atau buah.
  3. Lalu Gantung perangkap di tempat yang sering didatangi tawon.

Tips:

  • Gunakan sarung tangan dan masker saat memasang perangkap tawon.
  • Jauhkan perangkap tawon dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.
  • Buang tawon yang terperangkap dengan hati-hati.

Peringatan:

  • Jangan gunakan racun untuk membunuh tawon. Racun dapat membahayakan manusia dan hewan peliharaan.
  • Jika kamu tidak berani atau tidak bisa menangani tawon sendiri, panggil jasa pembasmi hama.
  • Dengan menggunakan perangkap tawon, kamu dapat menangkap tawon yang ada di rumahmu dan mencegah mereka membangun sarang kembali.

Ingat: Tawon yang terperangkap dalam perangkap masih hidup. Berhati-hatilah saat membuangnya.

Baca Juga : Cara Membasmi Tikus Rumah

Penutup

Demikianlah beberapa tips untuk mencegah tawon berkembang di rumah. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat terhindar dari gangguan tawon dan menikmati waktu bersantai di rumah dengan tenang.

Ingat: Tawon adalah serangga yang bermanfaat bagi alam. Mereka membantu penyerbukan bunga dan mengendalikan populasi serangga hama. Oleh karena itu, jika memungkinkan, hindari membunuh tawon. Gunakan cara-cara yang aman dan ramah lingkungan untuk mencegah mereka berkembang di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *