AgriPest

Search
Blog dan Artikel

Home / Blog & Artikel / Kenali Jenis Lalat Yang Berbahaya Dan Berisiko Bagi Manusia

Kenali Jenis Lalat Yang Berbahaya Dan Berisiko Bagi Manusia
Kenali Jenis Lalat Yang Berbahaya Dan Berisiko Bagi Manusia

Menemukan banyak jenis lalat di rumah dan bisnis merupakan hal yang sangat umum di temukan di negara tropis seperti Indonesia. 

Serangga lalat ini cenderung menjijikkan karena senangnya hinggap dari tempat kotor ke tempat yang bersih untuk menularkan penyakit. Yang lebih mengerikan lagi, tempat yang dihinggapi itu seringnya adalah makanan yang berbahaya bila dikonsumsi oleh manusia.

Makanan yang terkontaminasi lalat bisa menimbulkan penyakit bagi manusia seperti sakit perut, disentri, hingga diare. Maka dari itu, menjaga lingkungan rumah tetap bersih adalah salah satu cara mengusir lalat agar tak datang kembali. Jika dibiarkan, serangga yang satu ini bisa bertelur dan sulit untuk diatasi.

Lalu, apa saja jenis lalat rumahan yang berbahaya dan beresiko bagi manusia? Berikut pembahasannya.

1. Jenis Lalat Rumah (Musca domestica)

Serangga ini merupakan pembawa bibit penyakit utama yang ada di dalam rumah. Hal ini karena mereka sangat tertarik dengan segala jenis makanan. Mereka akan hinggap di makanan atau perantara lain seperti kotoran, sisa limbah makanan, dan lainnya.

2. Jenis Lalat Kuda (Family tabanidae)

Lalat kuda merupakan hama khusus yang ada pada hewan ternak. Serangan gigitan tanpa henti dari lalat betina dapat menyebabkan penurunan berat badan pada beberapa hewan ternak.

Berbeda dengan sang betina, jantannya merupakan pemakan nektar dan serbuk sari sehingga sangat aktif di siang hari. Meski sering menggigit hewan, mereka juga dapat menggigit manusia dan rasanya sangat sakit.

3. Lalat Buah (Drosophila species)

Lalat buah seringnya ditemukan berkerumun di atas buah yang sudah matang, di sayur, dan yang lainnya. Hewan ini lebih sering terlihat hinggap (diam) dan melayang dibandingkan terbang ke sana ke mari.

4. Lalat Hijau (Calliphora vomitoria)

Lalat Ini merupakan jenis hewan yang berbahaya karena bisa menularkan bakteri salmonella. Mereka juga bisa menyebabkan penyakit disentri. Kebiasaannya adalah hinggap di bangkai hewan, tempat sampah, dan area-area yang memiliki bau busuk lainnya.

5. Lalat Daging (Sarcophagidae)

Sesuai dengan namanya, hewan ini senang menaruh telur dan larva di daging yang sudah membusuk. Mereka juga bisa hidup di bangkai hewan. Daging yang mereka pilih bukan hanya binatang darat, tetapi juga daging ikan-ikan yang berasal dari laut.

Jangan biarkan mereka tumbuh dan berkembang biak di rumah dan bisnis anda. selain mengganggu anda dalam beraktiftas, lalat juga berbahaya bagi kesehatan anda.

Segera hubungi pembasmi hama profesional AgriPest untuk membantu Anda dalam mengendalikan hama lalat secara efektif.

Hubungi kami di: 021-874 0691 (Office) atau 0813 8278 7972 (WA).

Penulis: Admin
Dikutip dari beberapa sumber

Penulis : agripest

2 Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *