AgriPest

Search
Blog dan Artikel

Home / Blog & Artikel / Cara Alami Usir Tikus Dari Rumah Dengan Aman

Cara-alami-usir-tikus1
Cara Alami Usir Tikus Dari Rumah Dengan Aman

Tikus merupakan hewan pengerat yang jarang sekali mendapat suka oleh kebanyakan orang, karena selau saja menjadi sebagai hama yang merugikan. Oleh karena itulah, orang-orang melakukan berbagai cara untuk mengusir tikus dari rumah.

Banyak cara yang sudah beberapa orang lakukan untuk mengusir tikus mulai dari penggunaan obat bahan kimia (racun) sampai menggunakan jebakan tikus. Namun ternyata ada cara lain yang lebih aman dan lebih mudah yaitu dengan menggunakan bahan alami seperti tanaman yang bisa membantu kita mengusir tikus. Apa saja tanaman tersebut?? Berikut pembahasannya.

1. Tanaman Lavender Dapa Usir Tikus Dari Rumah

Ternyata tidak hanya nyamuk yang tidak suka aroma lavender, melainkan juga tikus. Pada tanaman lavender terdapat bunga kuncup ungu yang dapat memancarkan aroma wangi dan segar.

Aroma inilah yang tidak terlalu senangi oleh tikus. Jadi, bila kamu ingin mengusir tikus tanpa menggunakan obat, kamu bisa menanam tanaman lavender di sekitar rumah.

2. Daun Peppermint Bisa Usir Tikus Dari Rumah

Daun ini memiliki aroma yang tajam dan menyegarkan, biasanya daun ini juga bisa kita gunakan untuk memberikan aroma kesegaran pada makanan atau minuman.

Ternyata tikus tidak menyukai aromanya. Maka, ini adalah tanaman yang dapat membantu mengusir tikus. Berikut cara penggunaanya:

  • Potonglah daun menjadi beberapa bagian kecil.
  • Lalu, masukkan ke dalam air mendidih.
  • Tuangkan campuran air dan daun Peppermint ini ke dalam botol semprotan.
  • Semprot ke bagian rumah yang menjadi tempat persembunyian tikus, supaya tikus pergi.

3. Buah Mengkudu

Buah mengkudu adalah buah yang memiliki aroma menyengat. Jangankan hewan, kadang manusia pun tidak menyukai aromanya.

Jika kamu hendak menanamnya, nanti kamu bisa manfaatkan buahnya untuk mengusir tikus. Berikut caranya: Potong mengkudu secara tipis atau kecil-kecil, lalu sebarkan di tempat tikus yang sering muncul.

4. Daun Tomat

Merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa dirawat di kebun atau di rumah kita. Selain buahnya bisa digunakan untuk dikonsumsi, bagian daun tomat ternyata bisa digunakan untuk mengusir tikus.

Caranya hanya dengan menyebarkan daunnya di sekitar tempat tikus yang sering muncul.

5. Bawang Putih

Aroma bawang putih yang menyengat dapat membuat tikus enggan mendekat, karena tikus tidak menyukai aroma menyengat. Cara mengusir tikus dengan bawang putih adalah dengan membuat cairan bawang putih.

Caranya sama saja seperti pada daun peppermint, yaitu siapkan air mendidih yang diberi potongan bawang putih, dan semprotkan ke tempat tikus bersarang atau jalur yang sering dilaluinya.

Sekarang kamu sudah mengetahui bagaimana cara mengusir tikus dengan tanaman. Semoga bermanfaat..!!

Bila cara terseut tidak efektif, kamu bisa menghubungi jasa pest control profesional AgriPest yang berpengalaman dan ahli dalam mengendalikan hama tikus yang menganggu. AgriPest dapat membantu kamu mengatasi hama tikus pada properti atau tempat bisnis anda di Jabodetabek, hubungi 021-874 0691 (office) atau 0813 8278 7972 (mobile phone/WA).

Penulis: Admin
Dilansir dari beberapa sumber

Penulis : agripest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *