AgriPest

Search
Blog dan Artikel

Home / Blog & Artikel / Kenali 6 Jenis Tawon Berbahaya

Kenali 6 Jenis Tawon Berbahaya
Kenali 6 Jenis Tawon Berbahaya

Mungkin kita tidak asing pernah mendengar berita seseorang atau sekelompok orang terluka akibat disengat Tawon. Dan tentunya itu jangan di anggap sepele, kita harus menyadari bahwa ada beberapa jenis tawon yang sangat berbahaya dan bahkan dapat menimbulkan kematian.

Tawon merupakan serangga yang sangat mudah menyerang apabila keberadaannya merasa terancam, mereka bisa juga dengan mudah menyengat dan membahayakan manusia.

Yang membuat tawon semakin berbahaya, mereka juga senang sekali membuat sarang di langit-langit bangunan atau di rumah yang berpenghuni.

Dengan mengetahui jenis tawon yang membahayakan keberadaan manusia, kewaspadaan kita pun juga akan semakin meningkat. Apa saja 6 jenis tawon berbahaya tersebut? Simak penjelasannya disini.

1. Jenis Tawon Vespa Affinis

Serangga yang memiliki warna dominan hitam dan panjang tubuh kurang lebih 30 mm ini umumnya tidak mematikan, namun berbahaya apabila menyengat manusia yang memiliki alergi terhadap racunnya. Ada kasus di daerah Klaten, Jawa Tengah yang menewaskan dua orang akibat sengatan tawon berjenis vespa affinis atau yang sering terkenal dengan tawon ndas. Tawon ndas biasanya membangun sarang di tempat yang tinggi, seperti di atas pohon, ataupun di tempat yang rendah, seperti di dalam bangunan.

2. Vespa Tropica

Memiliki ciri fisik yang tidak jauh berbeda seperti tawon vespa affinis. Namun kamu tidak akan pernah melihat sarang vespa tropica ini tergantung di atas pohon atau tempat yang tinggi.

Mereka juga akan bersarang di bawah tanah atau dalam lubang pohon demi melindungi sarang dan koloninya dari serangan predator.

3. Vespa Analis

Memiliki ciri khas yang cukup unik dan mudah bagi kamu untuk mengenalinya. Vespa analis juga memiliki warna tubuh gelap yang berkombinasi dengan warna kuning cerah di bagian tubuhnya dan memiliki ukuran tubuh berkisar antara 20-30 mm.

4. Vespa Velutina

Jenis lebah ini cukup berbahaya bagi manusia adalah vespa velutina. Lebah yang satu ini juga memiliki panjang tubuh antara 20-30 mm dan termasuk salah satu kategori hama, mengingat ia memangsa larva dari lebah madu. Sama seperti vespa analis, vespa velutina kerap juga membuat sarangnya di tempat yang tinggi dengan tekstur sarang jauh lebih kasar.

5. Cicada Killers

Dari namanya saja sudah menyeramkan “Killers”. Mempunyai sarang di bawah tanah dan sasarannya adalah jangkrik. Akan tetapi, bisa juga menyerang manusia. Tawon jenis ini juga sangat mudah berkembang biak.

6. Jenis Tawon Kertas

Sering disebut dengan tawon payung, karena mempunyai sarang yang berbentuk unik. Cara membuat sarangnya adalah mengumpulkan serat dari kayu dan batang tanaman yang tercampur dengan air liur mereka. Bentuk fisik dari sarang tawon kertas ini juga seperti lampion yang memiliki banyak lubang serta tahan terhadap air.

Sekarang kamu sudah mengetahui jenis – jenis tawon. Dengan begitu kamu bisa mengatasi sesuai dengan jenis tawon yang berada dekat kamu. Apabila ingin mengusir tawon, pastikan kamu memakai alat pelindung diri yang lengkap. Apabila kamu merasa tidak berani melakukannya, kamu bisa menghubungi jasa pest control profesional AgriPest.

AgriPest dapat membantu kamu mengatasi hama tawon pada properti atau tempat bisnis anda di Jabodetabek, melalui 021-874 0691 (office) atau 0813 8278 7972 (mobile phone/WA).

Penulis: Admin
Dilansir dari beberapa sumber

Penulis : agripest