You are currently viewing Bahaya Hama Bagi Kesehatan Keluarga

Bahaya Hama Bagi Kesehatan Keluarga

Bahaya hama seringkali hanya dikaitkan dengan hal-hal pertanian saja. Namun, sebetulnya yang dimaksud hama adalah organisme yang dianggap merugikan dan tak diinginkan dalam kegiatan sehari-hari manusia. Meskipun dapat digunakan untuk semua organisme, dalam praktik istilah ini paling sering dipakai hanya kepada hewan. Organisme yang bersifat invasif pun juga termasuk dalam kategori hama.

Bahaya Hama

Seperti kita ketahui, kesehatan adalah hal yang paling utama. Sebab, dengan memiliki tubuh yang sehat dan bugar dapat mencegah tubuh terserang penyakit sehingga kita dapat tetap menjalankan aktifitas sehari-hari. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, tentu saja kesehatan diri sendiri dan keluarga sangat diutamakan.

Sehubungan dengan hal itu, wajib bagi kita untuk memperhatikan kebersihan lingkungan. Sebab, lingkungan yang bersih dan sehat tentu saja akan sangat membantu upaya menjaga kesehatan semua orang yang ada disekitarnya. Terkadang, keberadaan hama yang ada disekitar kita hanya dianggap sepele. Padahal, banyak bahaya sumber penyakit yang ditimbulkan dari populasi hama tersebut.

Contoh hama dan bahaya yang ditimbulkan

Berikut ini kami berikan contoh hama dan bahaya-nya bagi manusia:

  1. Rayap (Termite)
    Rayap merupakan serangga sekaligus hama yang kerap memakan kayu perabotan atau kerangka rumah. Kehadiran rayap di dalam rumah tidak boleh diabaikan, karena dapat membahayakan struktural rumah dan menyebabkan keruntuhan yang berbahaya. Keberadaan rayap bisa sangat sulit untuk diperhatikan pada tahap awal. Pada saat melihatnya, kemungkinan besar rayap telah berkembang secara luas di struktur rumah. Selain merusak struktural rumah, rayap juga dapat merusak struktural kelistrikan. Sehingga keberadaan rayap ini akan dapat membahayakan orang yang tinggal di dalam rumah tersebut.
  2. Semut
    Semut merupakan serangga eusosial yang memiliki strata untuk menjaga eksistensi populasinya sama seperti lebah atau tawon. Ketika semut sudah menemukan tempat untuk membangun sarang, dipastikan sarang tersebut akan terus memperluas wilayahnya. Sama hal-nya dengan rayap, kondisi tersebut akan dapat membahayakan struktural bangunan dan juga struktural kelistrikan. Disamping itu, koloni semut juga akan mengganggu atau bahkan membahayakan manusia yang ada di sekitarnya.
  3. Tikus (Rodent)
    Hewan ini dikenal sebagai hewan pembawa beberapa penyakit seperti salmonellosis dan leptospirosis. Bakteri yang dibawa tikus yang dapat menyebabkan beberapa penyakit serius. Bakteri dapat muncul dari penumpukan feses dari tikus yang dapat memicu reaksi alergi pada manusia. Beberapa penyakit yang ditimbulkan diantaranya adalah: Penyakit Pes, Hemorrhagic fever with renal syndrome, Leptospirosis, Virus Hanta, Rat Bite Fever, Lymphocytic chorio-meningitis.
  4. Lalat
    Kebanyakan orang mungkin sepakat jika lalat adalah hewan kotor pembawa penyakit. Dikarenakan lalat selalu hinggap di tempat yang kotor, seperti tempat sampah dan lain sebagainya. Beberapa penyakit yang dapat ditularkan oleh lalat antara lain: Demam Tifoid, Diare, Desentri, Kolera, Gastroenteitis, Amebiasis, Helmintik, Yaws, Poliommieltis, Konjungtivitis, Trakoma, Antraks.
  5. Nyamuk
    Salah satu dampak yang paling umum terjadi akibat gigitan nyamuk adalah benjolan yang biasanya dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat. Terkadang, gigitannya juga dapat menyebabkan pembengkakan, nyeri, dan kemerahan yang menyebar di beberapa area kulit. Segala dampak buruk ini umumnya terjadi pada anak-anak yang dapat disebut juga dengan sindrom skeeter. Beberapa penyakit serius yang dapat ditimbulkan adalah Demam Berdarah, Malaria, Kaki Gajah. Tergantung jenis nyamuk yang menggigit.
  6. Kecoa
    Kecoa merupakan musuh utama di rumah bagi banyak orang karena sulit dibasmi. Tak hanya mengganggu, kecoa juga dapat menyebarkan kuman pembawa penyakit yang dapat menimbulkan masalah kesehatan. Beberapa bahaya dari kecoa antara lain: Keracunan Makanan, Alergi, dan Gangguan Pencernaan.

Oleh sebab itu, penting bagi kita semua untuk menjaga kebersihan lingkungan. Kami dari AgriPest sudah berpengalaman untuk membasmi hama menawarkan solusi terbaik dan bergaransi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai layanan Pest Control, segera hubungi kami melalui nomor WA 0813-8278-7972.

Penulis: Admin
Dilansir dari beberapa sumber

Leave a Reply